SYAIKH MUHAMMAD BAZMUL BERBICARA TENTANG ADIKNYA, AHMAD BAZMUL

Syaikh ‘Alî Abû Haniyah hafizhahullâhu berkata :

Yang saya kenal dari Fadhîlah asy-Syaikh Muhammad Bazmûl hafizhahullâhu adalah, beliau ini orang adalah yang berakal, orang yang adil dan obyektif, memiliki ilmu yang luas dan pena yang tidak ada bandingannya serta manhaj yang lurus. Beliau senantiasa menghormati, memuliakan dan mengenal keutamaan para ulama. Kami menganggap beliau demikian bukan untuk mensucikan beliau di hadapan Alloh. Untuk itulah saya menghubungi beliau pada hari Senin, 16 Muharam 1430 H yang bertepatan dengan tanggal 12 Januari 2009, untuk turut mencermati kejadian yang tengah berlangsung di medan dakwah salafiyah sehingga beliau bisa meletakkan batasan kepada saudaranya (yaitu DR Ahmad Bazmûl) atas arogansinya kepada Syaikh ‘Alî (Hasan).

Yang saya ketahui pula dari beliau secara yakin, bahwa beliau tidak meridhai kelancangan saudaranya Ahmad. Syaikh (Muhammad Bazmûl) sendiri memuji dan menyanjung Syaikh ‘Alî dan beliau adalah orang yang sangat tawadhu’ –semoga Alloh membalas beliau dengan kebaikan dan menambah keutamaannya-. Beliau hafizhahullâhu berkata :

“Yang aku yakini di dalam hati adalah, segala penghormatan dan pemuliaan terhadap Syaikh ‘Alî dan masyaikh Yordania. Bahkan saya beranggapan bahwa mereka –masyaikh Yordania- memiliki keutamaan yang besar di sisi para pemuda salafi di seantero dunia Arab dan Islam. Bahkan mereka ini di dalam keseharian (hidup kami), kami banyak memetik faidah dari buku-buku mereka. Saya menganggap Syaikh ‘Alî dan Syaikh Salîm itu pada tingkatan sebagai guruku, saya tidak menganggap diriku sepadan dengan mereka dan tidak pula saya sanggup berbicara dengan mereka dengan menyamakan diriku dengan mereka.” (selesai)

Beliau juga menginformasikan kepadaku bahwa beliau belum menelaah buku terbaru (Syaikh ‘Alî) “Manhaj as-Salaf ash-Shâlih” dan beliau berbicara secara ilmiah dan mantap tentang permasalahan perselisihan (diantara ahlus sunnah), dan tidak boleh menjelek-jelekkan orang yang berlainan pendapat di dalam masalah ijtihadiyah. Beliau berkata kepadaku, bahwa beliau telah menasehati saudaranya (Ahmad) untuk tidak turut masuk ke dalam (perselisihan) para ulama sehingga menimbulkan fitnah, dan supaya meninggalkan permasalahan ini (untuk diselesaikan) oleh ulama senior. Tatkala saya (Abu Haniyah) katakan kepada beliau bahwa dia (Ahmad Bazmûl) turut masuk dan menulis (bantahan), beliau (Syaikh Muhammad Bazmûl) menasehatiku dengan baik untuk tetap senantiasa melanjutkan nasehat.

Syaikh Muhammad hafizhahullâhu berkata dengan tegas : “Menurutku, masalah yang seperti ini, apabila terjadi perselisihan di tengah para ulama, seharusnya seorang penuntut ilmu sepertiku atau selain diriku, tidak turut masuk ke dalamnya dan meninggalkannya (masalah ini) kepada para ulama. Adapun berkenaan dengan adikku Ahmad, saya telah berbicara dengannya. Telah kukatakan kepadanya, “Wahai Syaikh Ahmad, kamu jangan turut masuk ke dalam pembahasan ini.” Dia (Ahmad Bazmûl) mengatakan : “Saya tidak menyebut Syaikh ‘Alî dan tidak pula kusebut nama dan bukunya. Akan tetapi aku lebih menyoroti pembahasannya dan kepada pemikirannya.” Saya (Syaikh Muhammad) sendiri belum menelaah lebih jauh tentang hal ini. Dia (Syaikh Ahmad) hanya mengatakan bahwa ada problem yang terjadi.

Syaikh (Ahmad) mendasari (argumennya) kepadaku bahwa hal ini termasuk masalah hajr (pemboikotan) terhadap pelaku bid’ah, termasuk bab interaksi dengan pelaku bid’ah yang menyelisihi manhaj salaf. Lalu saya katakan kepada Syaikh Ahmad : “Wahai Syaikh Ahmad, tinggalkan ucapanmu ini kepada ulama senior dan kamu jangan turut masuk ke dalam pembahasan ini”. Dia menasehatiku dan selesai. Saya sampai saat ini, demi Alloh, sampai saat pembicaraan denganmu ini, saya belum menelaah buku Syaikh ‘Alî. Diriku masih senantiasa dalam kesedihan, saya melihat tidak sepatutnya para penuntut ilmu seperti diriku atau selainku turut masuk ke dalam perbincangan masalah ini dengan para ulama. Biarkan para ulama yang berdiskusi tentang hal ini sampai kebenaran dapat menjadi jelas bagi semuanya dan menjadi terang mana pendapat yang disertai hujjah dan burhân (keterangan yang nyata).

Seharusnya hal ini sebagaimana yang dikatakan : “Perselisihan pendapat itu jangan sampai merusak kasih sayang”. Siapa gerangan yang tidak berselisih? Siapa yang tidak pernah berlainan pendapat dengan orang lain? Siapa yang… jadi, salafiyah itu bukanlah bermakna bahwa ijtihad dan pandangan kita di dalam setiap masalah itu mesti satu. Bukan ini makna salafiyah! Akan tetapi saudara-saudara kita mengatakan bahwa hal ini serupa dengan yang kupaparkan, yang saling mendorong ke dalam ushûl salaf shalih. Perkara ini memerlukan kesabaran dan ketenangan dan para pemuda jangan turut masuk ke dalam masalah ini. Saya insyâ Alloh akan senantiasa terus memberikan nasehat, semoga Alloh memberikan taufik-Nya. Semoga Alloh memberikan taufik-Nya…

Adapun yang tengah terjadi diantara kita, tidak sepatutnya kita berkata dengan keras dan kasar, terlebih orang semisal Ahmad atau semisalku terhadap Syaikh ‘Alî. Tidak, demi Alloh, tidak sepatutnya seorang penuntut ilmu itu kurang etikanya, Wallôhul Musta’ân. Namun, Insyâ Alloh, saya akan mencoba mengikuti (kejadian ini) semampuku. Wa Lâ haula wa Lâ Quwwata illa billâhi.” [selesai]

Sumber : http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=84

مما أعرفه عن فضيلة الشيخ محمد بازمول -حفظه الله- أنه رجل عاقل, ومعتدل ومتَّزن, وصاحب علم جم, وقلم فذ, ومنهج سليم, ويحترم المشايخ ويجلهم ويعرف لهم قدرهم, نحسبه كذلك ولا نزكيه على الله؛ فمن أجل ذلك قمت بالاتصال عليه يوم الاثنين 16/محرم/1430هـ الموافق 12/1/2009م لإطلاعه على ما يدور في الساحة السلفية من مجريات, وحتى يضع حداً لأخيه في تطاوله على شيخنا علي

ومما أعلمه عنه علم اليقين أنه لن يرضى عن تصرف أخيه أحمد؛ فأثنى الشيخ ثناءً عطراً على شيخنا علي, وتواضع كثيراً جزاه الله خيراً, وزاده من فضله, فقال -حفظه الله-:

“الذي أكنُّه في قلبي كل احترام وكل تقدير لفضيلة الشيخ علي ولمشايخ الأردن, بل وأعتبر أنَّ هؤلاء المشايخ -يعني- لهم فضل كبير على الشباب السلفي في أرجاء العالم العربي والإسلامي, وأنهم في يوم من الأيام يعني كنا نستفيد من كتبهم, وأنا أعدُّ نفسي أن الشيخ علي والشيخ سليم يعني في طبقة مشايخي, ولا أُعدُّ نداً لهم, ولا أَعدُّ نفسي أني أنا -يعني- أتكلم عنهم أو معهم رأس برأس”.اهـ

وأخبرني أنه لم يطلع على الكتاب الجديد (منهج السلف الصالح), وتكلم بكلام علمي رصين في مسألة الاختلاف, وعدم التشنيع على المخالف في المسائل الاجتهادية, وقال لي: إنه قد نصح أخاه أن لا يتدخل بين المشايخ في الفتنة الحاصلة, وأن يترك هذا الأمر بين المشايخ الكبار, فلما قلت له: إنه قد تدخل وكتب, وعدني خيراً بأن يستمر في النصيحة.

فقال الشيخ محمد -حفظه الله- بالحرف الواحد: “ظني أن مثل هذه المسائل, إذا حصل خلاف بين المشايخ -يعني- أن طلبة العلم أمثالي ومن هم دوني لا يتدخلون فيها ويتركوا المشايخ مع بعضهم.
وبالنسبة لأخي أحمد أنا تكلمت معه, وحرَّجت -يعني- قلت له: يا شيخ أحمد لا تتدخل في هذا الموضوع, قال: أنا ما سميت الشيخ علي, ولا ذكرته بالاسم, ولا ذكرت كتابه, لكني أتكلم عن البحث وعن الفكرة كموضوع, والله هذا كلامه, وأنا لم أطلع على البحث, هو يقول إنه هناك مشاكل

أصَّلها الشيخ علي في باب هجر صاحب البدعة, وباب التعامل مع صاحب البدعة, خلاف ما عليه المنهج السلفي, فقلت للشيخ أحمد: يا شيخ أحمد هذا الكلام اتركه مع المشايخ الكبار, لا تتدخل أنت في هذا الموضوع, فوعدني خيراً وبس, وأنا إلى الآن والله إلى ساعة مكالمتك هذه لم أطلع على كتاب الشيخ علي, ولا زلت في نفسي متحسر أنه يعني أرى أن طلبة العلم أمثالي ومن هم دوني لا يتدخلون في الكلام مع المشايخ في هذه المسائل, اتركوا المشايخ يتناقشون حتى يتبين الحق للجميع, وحتى يتضح قول من معه الحجة والبرهان

ويكون في ذلك كما يقال: الخلاف في الرأي لا يفسد للود قضية, من ذا الذي لا يختلف؟ من ذا الذي لا يخالف غيره؟ من ذا الذي.. يعني ليس معنى السلفية أن يكون اجتهادنا أو نظرنا في كل مسألة واحداً, ليس هذا معنى السلفية, لكن الإخوة يقولون أن هذا مثل ما تفضلت, يزاحم في أصل من أصول السلف الصالح, فالقضية تحتاج إلى صبر وتأني, وعدم تدخل من الشباب, وأنا إن شاء الله مستمر في النصيحة لعل الله يوفق, لعل الله يوفق…

وقال: … فيما بيننا ما ينبغي أن يكون الكلام شديد وعنيف, خاصة مثل أحمد أو مثلي على الشيخ علي, لا والله ما أرى أن الطالب يقل أدبه -يعني-, والله المستعان, لكن إحنا -إن شاء الله- أنا أتابع بما أستطيع, ولا حول ولا قوة إلا بالله”.اهـ

About these ads
Perihal

لا عيب على من أظهر مذهب السلف وانتسب إليه واعتزى إليه، بل يجب قبول ذلك منه بالاتفاق؛ فإن مذهب السلف لا يكون إلا حقًا Tidaklah aib (tercela) bagi orang yang menampakkan madzhab salaf, bernisbat kepadanya dan berbangga dengannya. Bahkan wajib menerima pernyataan tersebut darinya dengan kesepakatan, karena sesungguhnya tidaklah madzhab salaf itu melainkan kebenaran.

Ditulis dalam Aqidah & Manhaj, Jarh wa Ta'dil, wala' dan baro'

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PENTING!

MOHON MAAF KEPADA PARA PENGUNJUNG SEKALIAN APABILA DI DALAM BLOG INI DITEMUKAN IKLAN-IKLAN YANG KURANG LAYAK. SAYA SUDAH MENGUPAYAKAN UNTUK MENGHILANGKANNYA, NAMUN DIJAWAB OLEH PIHAK WORDPRESS BAHWA UNTUK MENGHILANGKAN IKLAN, KAMI HARUS MENGUPGRADE NYA MENJADI AKUN PREMIUM

KARENA ITU BAGI PARA IKHWAH SEKALIAN AGAR MEMBUKA BLOG SAYA DI ABUSALMA.NET YANG INSYA ALLOH BEBAS DARI IKLAN-IKLAN YANG TIDAK SENONOH. SYUKRON. ABUSALMA.NET SUDAH BERHASIL DIRESTORE KEMBALI, ALHAMDULILLAH

**********************

=>klik sini<=

BEBAS IKLAN INSYA ALLOH

**********************

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

Bergabunglah dengan 2.651 pengikut lainnya.

Arsip
Tautan

Journal of Life

Pengusaha Muslim

Ebook Terbaru

Berlemahlembutlah Wahai Penuntut Ilmu : Mutiara Nasehat Syaikh Muhammad al-Imam Sekali Lagi Berlemahlembutlah Wahai Ahlus Sunnah Kepada Ahlus Sunnah

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Ambil Untuk Situs Anda
Jumlah Pengunjung
  • 2,516,324 Orang
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.651 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: